• ,


Breaking News :






Narkotika Hasil Sitaan Polresta Medan Dimusnahkan
Rabu, 14 Januari 2015 - 09:19:00 WIB
Rubrik: Peristiwa - Dibaca: 255 kali   


Medan - Medanblitz.com, Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta Karo-Karo bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melakukan pemusnahan barang bukti narkotika  sitaan Satuan Reserse Narkoba Polresta Medan di Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Keluirahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Selasa (13/1). Barang bukti yang narkotika yang dimusnahkan ini merupakan hasil ungkap  bulan Oktober sampai Desember 2014.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan itu berupa narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 8,1 kg, narkotika jenis ganja sebanyak 364,3 kg dan 137 butir ekstasi dengan total nilai sekitar Rp.9 miliar. Untuk narkotika jenis sabu dan ekstasi, pemusnahannya dilakukan dengan jalan merebus dalam panci. Air rebusan selanjutnya ditanam dalam tanah. Sedangkan narkotika jenis ganja, pemusnahannya dilakukan dengan pembakaran dan sisa abunya juga ditanam dalam tanah.

Selain Kapolresta dan Wali Kota Medan, pemusnahan barang bukti ini turut dihadiri Kajari Medan Syamsuri SH MH, Kapten Inf Hari Susilo mewakili Dandim 0201/BS, Wakil Ketua DPRD Medan Ikhwan Ritonga, Labfor Poldasu  aKBP Hj Zulni Erma, Kabag penindakan BNN Sumut AKBP Joko Susilo, Rektor UMSU DR H Agus Sani MAP, Kasat Narkoba Polresta Medan Kompol Doni Alexander SIK, Kasi penyidikan BPOM Medan Drs Ramses serta  elemen mahasiswa.

Menurut Kapolresta Medan, pemusnahan ini merupakan sebagai bentuk atau simbol bahwa narkoba di seluruh jajaran Polresta Medan harus dimusnahkan. Untuk memberantas narkoba, Kapolreta minta dukungan penuh seluruh elemen masyarakat. Tanpa dukungan itu sulit bagi pihak kepolisan dalam memberantas barang terlarang tersebut.

Selama tahun 2014 ungkap Kapolresta, pihaknya berhasil mengamankan narkotika jenis sabu sebanyak 47 kg dan ganja sebanyak 1,2  ton. Dari hasil pengamanan yang telah dilakukan itu, Sumut masuk daerah yang tertinggi di Indonesia terkait masalah narkotuika jenis sabu. Karenanya itulah Kapolresta beserta jajarannya akan terus berupaya menekan peredaran sabu diseluruh wilayah hukum Polresta Medan.

“Polisi tidak dapat bekerja sendiri dalam menekah dan mencegah peredaran narkoba. Untuk itu piolisi harus mendapat dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat. Tahun 2015, kita akan melaksanakan program pencegahan bersama dengan sejumlah dinas beserta BNN Provinsi Sumatera Utara,” kata Kapolresta.

Selanjutnya Kapolresta juga menegaskan, pihaknya sangat serius untuk memberantas segala jenis peredaran narkoba dan menindak tegas para pelakunya, termasuk parat kepolisian yang terlibat di dalamnya. “Apalagi Kapoldasu telah memberikan instruksi untuk menindak tegas dan memecat aparat kepolisian yang terbukti terlibat narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, pemusnahan barang bukti berupa narkotika ini merupakan bukti nyata bahwa Polresta Medan benar-benar berkomitmen untuk memberantas penyakit masyarakat (pekat).  Karena itulah Wali Kota sangat mendukung dan mengapresiasi pemusnahan barang  bukti ini. Sebab, keberadaan narkoba di Kota Medan telah sampai batas meresahkan masyarakat.  “Jadi peredaran narkoba ini harus ditekan!” tegas Wali Kota.

Pada kesempatan itu Wali kota tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Kapolresta Medan beserta seluruh jajarannya. Dirinya beserta sleuruh jajaran, terutama para camat akan terus berkomitmen yang sama  membantu aparat kepolisian dalam memberantas bahaya laten narkoba yang kini terus mengintai masyarakat, khususnya generasi muda.

“Mari kita jadikan kegiatan hari ini sebagai motivasi kepada kita semua untuk bekerja lebih keras, lebih cerdas, lebih tuntas serta lebih ikhlas dalam memberikan pengayoman kepada seluruh amsyarakat Kota Medan, khususnya dalam rangka pemberantas pekat ini,” harap Wali Kota.

Sebelum mengakhiri sambutannya,  mantan Sekda Kota Medan mengatakan, menjadikan Kota Medan sebagai kota bebas narkoba merupakan impian bersama. Atas dasar itulah itulah Wali Kota mengajak untuk membangun dan membuat langkah-langkah strategis, guna mewujudkan mimpi tersebut.

Sebelumnya Kasat Res Narkoba Polresta Medan, Kompol Doni Alexander dalam laporannya menjelaskan, barang bukti narkotik yang dimusnahkan ini merupakan hasil  penangkapan yang dilakukan dari 8 lokasi berbeda di wilayah hukum Polresta Medan. Dari 8 lokasi penangkapan itu, pihaknya telah menetapkan 20 orang menjadi tersangka.

“Narkotika yang kita amankan dari 8 lokasi tersebut senilai Rp.9 miliar meliputi narkotika jenis sabu sebanyak 8,1 kg, narkotika jenis ganja 364,3 kg dan ekstasi sebanyak 137 butir. Seluruhnya kita musnahkan hari ini,” jelas Doni.(jno)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik